Selasa, 07 November 2017

Apa Itu Percaya Diri?

Hey kawan! Lama tak berjumpa yas. Gabycoolkas is comeback yow! Akiakiakiakiak! *makin gila ni orang*. Kay, okay, kali ini kita bakalan ngebas tentang percaya diri. Fyi ini udah pernah kubahas di channel youtubeku, kuy nonton jangan lupa like *malah promote*. But maybe it’s okay buat ngebahas ini dengan ... lebih mendalam maybe? Well then, let’s go!

Apa sih percaya diri itu?
Well, menurutku percaya diri itu tampil sesuai style kita (bukan Harry Style bosque), diri kita, asalkan yang positif. Tapi jangan sampai freak atau terlalu percaya diri dan ujungnya malah kayak sombong. Big no for that!

Percaya diri itu dibutuhkan dalam pergaulan gak sih?
Kalau pendapatku itu perlu banget. Karena kalau gak percaya diri kita itu bakalan jadi orang yang kaku, yang jarang punya teman. Mengapa? Karena kita bakalan mikir ‘Ah aku gak berani kenalan ama dia. Nanti kalau dia nganggap aku begitu gimana? Biarin dia aja yang kenalan duluan.’. Iya kalau orangnya juga yang gampang temenan, kalau orang kurang percaya diri juga? Wah sampai negara api menyerang mungkin baru bisa temenan. Jangan jadikan alasan ‘dirimu adalah introvert’, jadinya kamu menutup diri untuk bergaul dan gak mau percaya diri gitu. Aku jug introvert dan aku sudah mulai bisa percaya diri dan melebarkan pergaulan kok. Introvert bukan berarti segala seduatu harus tertutup a.k.a. antisocial. Aku percaya kalau introvert juga perlu teman.

Gimana ya cara jadi orang percaya diri?
-Pertama-tama masukan telur ke—eh malah masak.
 Maksudku, pertama jangan terlalu memikirkan sesuatu yang negatif.
Biasakan berusaha berpikir positif. Contoh ya, misalkan kalian lewat di kantin atau di lorong sekolah yang dipenuhi kakak kelas, jangan sampai kalian mikir ‘aduh kakel yang itu kayaknya gosipin aku’ atau ‘ih serem amat tatapan si kakak itu. Kayaknya bentar lagi aku dimarahin’. Jangan melakukan itu kalau kalian memang niat untuk percaya diri, karena itu salah satu faktor percaya diri turun drastis.
-No baper terhadap nasihat orang
Ah ya selain itu kadang ada juga teman yang suka menasihati kita. Ada yang secara halus, ada yang langsung ngejleb. Saat kalian mendengarnya, jangan langsung pingsan terus gak mau masuk sekolah lagi *eh?*. Mungkin saja kalian tidak sadar melakukan suatu sikap yang salah, dan sebagai teman yang baik, mereka pasti akan menegurmu. Kamu bisa juga bertanya kepada mereka bagaimana cara bersikap baik dan akhirnya percaya diri.
-Make your own style.
Jangan hidup sesuai dengan gaya orang lain, kata orang lain. Just think this, ini kan hidup kamu, kalau kamu punya ide lain untuk stylekhas kamu, asal itu positif, why not?. Cobalah gaya kalian itu untuk percaya diri terutama saat berkenalan and let the momentum flow~.
-No baper kalau ada yang ngejek.
Kalau misalkan ada orang yang manasin kamu, ngejekin kamu, jangan kamu malah ngamuk mencak-mencak ke dia karena itu bakal bikin dia makin gencar ngejekin kamu. Senyumin aja, nasihatin dia kalau perlu, tapi secara sopan yas. Tapi kalau misalkan ejekan orang itu udah keterlaluan, ada baiknya kalian melaporkan hal itu kepada orang tua atau guru ya^^.

Kenapa sih seseorang bisa menjadi pribadi yang kurang percaya diri?
-Karena Ia adalah korban bullying sehingga bertumbuh menjadi sosok yang pendiam+pesimis. Ia takut jika Ia melakukan sesuatu yang salah, Ia akan dibully lagi.
-Dia memiliki masalah, bisa di rumah, sekolah, atau di manapun. Atau mungkin juga dia dulu memiliki masalah yang membuatnya trauma. Kalau dalam kasus trauma lebih baik Ia mengobati traumanya dulu dengan konsultasi ke guru atau keluarga atau orang terdekat.
-Karena terbiasa ditekan atau dimarahi orang tua/saudara yang lebih tua darinya. Pokoknya Ia harus melakukan semua sesuai dengan pemikiran mereka. Kalau kurang atau tidak sesuai, mereka akan langsung dihukum.
-Karena masih bingung dengan diri sendiri atau belum benar-benar mengenal diri sendiri. Contohnya seperti kita yang masih bingung apa bakat kita.
-Karena terbiasa negative-thinking. Ya contohnya seperti merasa orang lain menggosipi kita padahal hanya perasaan.

Jujur aja kalau aku ditanya udah percaya diri atau belum, aku bakalan jawab belum sepenuhnya. Gue kadang masih gak percaya diri di depan orang yang lebih tua apalagi dengna tatapan mengintimidasi. Let me tell you my past, ini tentang aku dulu. Dulu aku orangnya over pendiam+gak percaya diri. Ini dikarenakan faktor dijauhi sejak TK dan lain sebagainya yang berujung kepada kurang percaya diri. Seiring waktu berjalan, aku merasa aku gak bisa terus-terusan mengadingkan diri, gak punya teman, akhirnya aku bertekad untuk percaya diri. Yang dulu gak bisa sok kenal (SKSD), sekarang udah bisa basa-basi SKSD. Yang dulu gak bisa ngelucu, sekarang bikin orang ketawa gegara ngeliat mukaku padahal humornya garing. Dan itulah proses aku mulai percaya diri. Emang keliatannya proses kecil, keliatan gampang. Tapi ingat tidak bagi semua orang hal ini gampang. Dan jangan lupa untuk menghargai setiap proses sekecil apapun, karena dari proses kecil lama-lama akan menjadi perubahan, bahkan perubahan terbesar dalam hidup kamu. Jangan pernah takut gak bisa, jangan nethink sebelum memulai. Kalau aku sudah mulai bisa berproses, kenapa kalian gak?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar